Home » Budaya » Bukti Kejayaan Kesultanan Cirebon

Bukti Kejayaan Kesultanan Cirebon

Pendopo Keraton Kanoman

Pendopo Keraton Kanoman

Bukti Kejayaan Kesultanan CirebonKesultanan Cirebon merupakan salah satu Kesultanan yang dulu eksis di masa abad ke 15 dan 16 Masehi sebagai salah satu pusat Pemerintahan wilayah Cirebon yang mana juga merupakan awal dari pemerintahan dan kejayaan islam yang ada di Jawa Barat. Kesultanan Cirebon ini dulunya memiliki awal berdiri dari Kampung Kabon Pesisir yang mana memiliki perkembangan yang pesat, dan juga dipimpin oleh salah satu dari wali songo yang terkenal sebagai penyebar agama islam di tanah jawa, yaitu Sunan Gunung Jati.

Kejayaan Kesultanan Cirebon ini merupakan salah satu titik sejarah yang bisa anda ketahui dan anda saksikan hingga saat ini, karena bekas – bekas peninggalannya pun masih tersisa hingga saat ini, dan menjadi salah satu kearifan budaya yang ada di Indonesia pada umumnya. Saat ini pada fase kemerdekaan, Kesultanan Cirebon bukan lagi sebagai pusat penyebaran agama islam, namun peninggalannya masih ada hingga sekarang, dan berikut ini adalah beberapa bukti kejayaan Kesultanan Cirebon yang bisa anda ketahui.

Bukti Kejayaan Kesultanan Cirebon

  1. Keraton Kacirebonan

Dibangun pada tahun sekitar 1800 Masehi, keraton ini merupakan Keraton yang dibangung pada masa Kolonial Belanda yang mana merupakan keraton yang menyimpan berbagai macam peninggalan benda pusaka, seperti wayang, keris, gamelan, dan juga berbagaimacam perlengkapan perang lainnya yang saat ini masih terjaga kelesatariannya. Selain itu, terdapat pula berbagai macam adat istiadat yang hingga saat ini masih tetap dijalankan, seperti upacara adat, upacara pajang jimat, dan masih banyak lainnya. Didalam Keraton Kacirebonan ini sendiri, terdapat sebuah bangunan induk yang mana merupakan salah satu bangunan yang didirikan untuk tempat tinggal keluarga kerajaan. Didalam bangunan induk ini sendiri, terdapat berbagai macam ruangan yang bisa anda ketahui, sepeeri kamar jimat, prabayasa, dapur, teras, ruang tidur, ruang kerja sultan, dan masih banyak lagi jenis ruangan lainnya yang ada didalam Keraton Kacirebonan ini.

  1. Keraton Kesepuhan

Keraton Kesepuhan ini merupakan salah satu Keraton yang ada di Cirebon yang merupakan keraton termegah, dan juga yang paling terawat hingga saat ini. Seperti halnya keraton lainnya, di area keraton ini juga tersimpan berbagai macam benda pusaka yang bisa anda lihat sebagai salah satu benda bersejarah yang digunakan sebagai koleksi raja. Terdapat kereta berupa Singa Barong yang merupakan kereta kencana yang kerap digunakan oleh Sunan Gunung Jati untuk berkeliling. Keraton ini memiliki bangunan utama dengan warna putih. Selain itu, didalam keraton Kesepuhan ini, juga terdapat dua bangunan yang bersejarah, yaitu Dalem Agung Pakungwati serta Kompleks Keraton Pakungwati yang didirikan oleh Pangeran Mas Zainul Arifin sekitar abad ke 1529 M.

  1. Keraton Kanoman

Keraton yang satu ini merupakan Keraton yang ada di Cirebon yang didirika oleh Sultan Anom I atau yang kerap disebut sebagai Pangeran Kertawijaya, atau Pangeran Badridin sekitar abad 1678 M. Keraton Kanoman ini sendiri, merupakan salah satu Keraton yang ada di Jawa Barat yang saat ini masih teguh memegang adat dan pakem yang ada di Cirebon, sepertu Tradisi Grebeg Syawal, ataupun Ziarah ke Makam Sunan Guung Jati, dll. Peninggalan sejarah yang ada di Keraton Kanoman ini sendiri berupa peninggalan yang erat kaitannya dengan syiar agama islam, yang diajarkan oleh Sunan Gunung Jati atau yang terkenal juga dengan nama Syarif Hidayatullah.

Itulah beberapa bukti kejayaan Cirebon yang bisa anda ketahui, yang mana merupakan erat kaitannya dengan Keraton yang ada di Cirebon sebagai salah satu pusat syiar agama islam. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!