Home » Budaya » Ciri Khas Keraton Cirebon

Ciri Khas Keraton Cirebon

Ciri Khas Keraton CirebonCiri Khas Keraton CirebonCirebon memang merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak sekali Keraton sebagai salah satu ciri khas yang ada didalamnya. Daerah di Indonesia yang memiliki keraton misalnya saja seperti Yogyakarta, Solo, yang memang dari segi kepopulerannya sudah sangat termasyur hingga keluar negeri. Cirebon ini sendiri juga memiliki keraton dengan ciri khas arsitektur yang menggabungkan berbagai macam unsur kebudayaan yang ada didalamnya, seperti kebudayaan Arab, China, hingga Persia dan Eropa yang menjadi satu.

Selain itu, bangunan dan ciri khas lainnya yang ada didalam Cirebon ini, menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang bisa menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Cirebon sendiri, memiliki sebanyak 4 buah keraton yang mana 4 buah keraton ini, ternyata memiliki kesamaan tata letak dan struktur bangunannya, sehingga jika anda mengunjungi masing- masing keraton, anda akan menemukan berbagai kesamaannya. Berikut ini adlaah beberapa ciri khas dari keraton Cirebon yang bisa anda coba ketahui.

Ciri Khas Keraton Cirebon

  1. Terdapat Piring Porselen Asli Tiongkok

Alkulturasi kebudayaan memang sangat kental terdapat di Cirebon ini. Dan hal demikian bisa anda temukan dalam keraton yang masing – masing memiliki piring porselen yang memang asli dari Tiongkok. Biasanya piring porselen ini, digunakan sebagai salah satu hiasan dinding, di semua keraton Cirebon, maka jika anda mengunjungi 4 keraton yang ada di Cirebon, semuanya memiliki peninggalan sejarah berupa piring porselen ini.

  1. Selalu menghadap ke utara

Salah satu keunikan yang ada pada semua keraton yang ada didalam Cirebon ini, adalah, selalu menghadap kebagian Utara. Hal ini dikarenakan, utara menjadi salah satu posisi yang strategis, karena diarea sekitar keraton cirebon ini, terdapat alun – alun serta masjid, sehingga arah utara dipilih sebagai salah satu arah yang strategis.

  1. Terdapat Patung Macan

Patung macan, terdapat di semua keraton Cirebon, hal ini dikarenakan patung macan ini, merupakan salah satu seni dan budaya sebagai perlambangan dari Prabu Siliwangi.Prabu Siliwangi ini, merupakan salah satu pemimpin ranah Sunda, yang memang terkenal akan sifatnya yang arif dan bijaksana, sehingga patung macan ini ada di setiap keraton Cirebon.

  1. Terdapat alun – alun

Di dalam keraton Cirebon, terdapat alun – alun yang merupakan salah satu spot untuk berkumpul masyarakat dan juga sebagai salah satu pusat keramaian. Keraton merupakan tempat tinggal para pemimpin, dan alun – alun merupakan pusat berkumpulnya masayarakat jika ada pengumuman atau acara yang diadakan oleh pemimpin, selain itu, terdapat pula pasar, yang merupakan pusat perekonomian yang ada di sekitar keraton.

  1. Masjid di sebelah timur

Selain alun – alun dan pasar, salah satu ciri khas yang ada di semua keraton Cirebon terdapat masjid yang letaknya berada di sebelah utara keraton. Masjid ini merupakan salah satu pusat ibadah dan juga penyebaran agama islam yang dulunya disebarkan oleh para wali, dan juga oleh Sultan Cirebon.

Itulah beberapa ciri khas dari keraton Cirebon yang bisa anda coba ketahui, dan bisa anda kunjungi sebagai salah satu pilihan destinasi wisata yang ada didalamnya. Semoga bermanfaat sebagai tambahan informasi dan pengetahuan anda seputar Keraton Cirebon ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
    Depo WD mulai 10rb, Bonus New Member 20% Bonus Mingguan 0.3-0.5%, Referral 10%
    poker online
    belajar seo