Home » Budaya » Ciri Khas Motif Batik Cirebon

Ciri Khas Motif Batik Cirebon

Ciri Khas Motif Batik CirebonCiri Khas Motif Batik Cirebon –Batik merupakan salah satu kebudayaan dan juga keragaman kultur yang tersimpan didalam satu buah karya seni, yang hingga kini masih dikembangkan, dan menjadi salah satu keunggulan dari setiap daerah, karena batik yang ada dalam satu daerah dengan daerah lainnya, biasanya memiliki motif dan juga warna yang berbeda – beda satu dengan lainnya. Batik Cirebon salah satunya. Batik dengan ciri khas motifnya tersendiri ini, memang menjadi salah satu ciri khas yang menarik, sebagai buah tangan anda jika sedang berwisata ke Cirebon.

Salah satu jenis motif batik yang paling terkenal di Cirebon adalah motif batik megamendung, yang mana motif ini, memiliki arti perlambang pembawa hujan serta perlambang kesuburan, yang mana merupakan salah satu simbol yang memberikan arti pemberi kehidupan. Selain itu, terdapat banyak lagi ciri khas dari motif batik yang ada di Cirebon ini, yang bisa anda coba ketahui, sebagai salah satu tambahan wawasan anda akan keragaman kekayaan budaya yang ada di Cirebon.

Ciri Khas Motif Batik Cirebon

  1. Wadasan

Motif wadasan merupakan salah satu ciri khas motif batik Cirebon yang merupakan motif dengan ornamen – ornamen yang khas yang mana berasal dari keraton. Wadasan ini, merupakan salah satu jenis motif batik, yang biasanya terdapat dalam motif didalam batik cirebon seperti motif singa payung, Taman Arum, Naga Saba, hingga Mega Mendung. Motif wadasan ini memang merupakan motif atau ornamen dari batik yang berasal dari keraton.

  1. Geometris

Motif Geometris ini merupakan salah satu jenis motif yang dalam proses pembuatannya, merupakan motif dengan bantuan garis, yang membentuk sebuah garis – garis lekukan yang indah. Motif geometris ini sendiri, biasanya banyak terdapat di jenis motif batik Cirebon seperti motif Kawung, Tambal Sewu, lengko – lengko, liris, Parang, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Pangkaan (Buketan)

Selain bentuk motif berupa wadasan dan juga geometris, salah satu ciri khas dari motif batik lainnya yang terdapat di batik Cirebon ini sendiri, adalah motif Pangkaan atau Buketan yang mana merupakanmotif dengan ciri khas yang menampilkan lukisan pepohonan, dan juga rangkaian bunga dengan burung dan juga kupu – kupu. Biasanya motif batik yang menggunakan pangkaan ini seperti kembang terompet, soko cina, Kelapa Setundun, Prong Sedapur, dll.

  1. Byur

Selanjutnya ada Byur, yang merupakan motif dengan ciri khas ornamen kecil dengan bunga dan juga dedaunan kecil yang ada disekelilingmotif batik yang ada. Biasanya motif batik ini, mengelilingi secara penuh dari seluruh kain yang ada didalamnya. Jenis motif batik yang biasanya menggunakan motif byur antara lain seperti dara tarung, Banyak Angrum, Karang Jahe, Mawar Sepasang, dll.

  1. Semarangan

Penataan ornamen serta pengulangan dari motif yang sama disetiap sisi kain batiknya, yang ditata agak merenggang ini, memang menjadi ciri khas dari motif batik semarangan ini. Biasanya, untuk jenis motif batik semarangan yang satu ini, banyak terdapat di dalam motif batik Cirebon seperti Piring Selampad, Kembang Kantil, dll.

Demikian beberapa ciri khas dari motif batik Cirebon yang merupakan salah satu jenisbatik yang banyak diminati oleh para wisatawan, bahkan sampai wisatawan luar negeri. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
    judi poker online
    Depo 10rb, Cashback TO 0,5%, Referral 15% Seumur Hidup, 100% Tanpa Bot