Home » Budaya » Daftar Keraton Yang Ada Di Cirebon

Daftar Keraton Yang Ada Di Cirebon

Daftar Keraton Yang Ada Di Cirebon

Daftar Keraton Yang Ada Di Cirebon –Sejarah mencatat bahwa Cirebon merupakan salah satu daerah Kesultanan islam yang ternama di tanah Jawa, yang berdiri pada sekitar abad ke 15 hingga 16 masehi. Cirebon merupakan daerah pangkalan yang penting, dan juga merupakan jalur perdagangan antar pulau, serta memiliki lokasi yang strategis, karena berada di pantai utara jawa, dan terletak di perbatasan Jawa Tengah serta Jawa Barat. Maka dari itu, Cirebon menjadi jembatannya para pedagang untuk berdagang, serta jembatan antara dua kebudayaan jawa serta sunda.

Dua kebudayaan yang ada di Cirebon ini, menjadikan Cirebon memiliki kebudayaan sendiri, yang tidak didominasi oleh kebudayaan sunda maupun jawa, namun kedua campuran kebudayaan tersebut. Maka dari itu, tidak heran, jika banyak terdapat peninggalan sejarah masa silam, yang memiliki nuansa jawa sekaligus sunda. Salah satunya adalah keraton, yang merupakan tempat tinggal pemimpin Cirebon. Keraton di Cirebon terbilang cukup banyak dengan latar sejaranya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa keraton yang ada di Cirebon yang bisa ada ketahui.

Daftar Keraton Yang Ada Di Cirebon

  1. Keraton Kesepuhan

Keraton ini, merupakan keraton yang paling megah, dan juga keraton yang paling terawat hingga saat ini. Bangunan keraton ini memang memiliki makna sejarahnya tersendiri. Dengan arsitektur yang khas, dan berisi berbagai macam koleksi lukisan, serta peninggalan sejarah lainnya. Keraton yang didirikan oleh Pangeran Mas Mochamad Arifin II ini, merupakan keraton yang dibangun untuk menggantikan Sunan Gunung Jati yang merupakan Sultan Cirebon karena telah wafat. Didepan keraton ini, terdapat alun – alun yang dulunya bernama Alun Alun Sangkala Buana, yang merupakan salah satu tempat untuk latihan keprajuritan.

  1. Keraton Kanoman

Keraton ini, dulunya merupakan salah satu pusat dari peradaban Kesultanan Cirebon, yang selanjutnya terpecah menjadi keraton kesepuhan, dan keraton kacirebonan., serta kerato keprabonan. Keraton kanoman ini, merupakan jejak peninggalan Sunan Gunung Jati. Di area keraton kanoman ini, para penghuninya, masih memegang teguh pakem tradisi dan juga adat istiadat, seperti tradisi Grebeg Syawal, dll. Kompleks Keraton yang memiliki luas 6 hektar ini, terdapat lebih dari 27 bangunan kuno didalamnya.

  1. Keraton Kacirebonan

Keraton ini, dibangun pada abad sekitar 1800 Masehi, yag didalamnya, menyimpan berbagai macam benda sejarah, seperti gamelan, perlengkapan perang, wayang, keris, dll. Keraton Kacirebonan ini, berada di wilayah Kelurahan Pekalipan, dan Kelurahan Pulasaren, Cirebon, sekitar 1 Km dari Keraton Kesepuhan. Keraton ini berdiri dari pemekaran wilayah keraton kanoman, yang atas dasar kesepakatan keluarga akhirnya keraton Kacirebonan ini dibangun. Memang dulunya putra mahkota yang seharusnya menggantikan tahta ayahnya yang wafat, diasingkan ke Ambon, karena membangkan pemerintahan VOC, namun sekembalinya dari pengasingan, beliau membangun keraton Kacirebonan ini.

  1. Keraton Keprabon

Keraton ini, seperti hal nya 3 keraton diatas, memiliki ciri khas arsitektur gabungan elemen arab, china, dan juga belanda menjadi satu. Keraton ini, menghadap ke utara dan memiliki masjid dan juga alun – alun sebagai tempat untuk berkumpul. Selain itu, di Keraton Keprabon ini, anda juga bisa mendapati berbagai macam benda peninggalan sejarah yang bisa anda lihat, seperti patung macan siliwangi, dan juga aneka benda bersejarah lainnya di sekitar area keraton keprabon ini.

Demikian beberapa daftar keraton yang ada di Cirebon berikut sejarah pendiriannya. Semoga bisa menambah pengetahuan anda akan beragam peninggalan sejarah dari Cirebon ini, dan bisa anda masukan sebagai daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
    google indonesia
    Yuk gabung dan Menang bersama kami di Situs Terpercaya , layanan transaksi cepat
    krim keju