Home » Wisata » Destinasi Wisata Ziarah Yang Ada Di Cirebon

Destinasi Wisata Ziarah Yang Ada Di Cirebon

Destinasi Wisata Ziarah Yang Ada Di Cirebon

Destinasi Wisata Ziarah Yang Ada Di Cirebon –Wisata ziarah menjadi salah satu jenis wisata yang paling banyak diminati oleh sebagian besar wisatawan. Hal ini dikarenakan wisata ziarah ini, selain sebagai sarana untuk refreshing, juga sebagai kegiatan yang bisa semakin meningkatkan sisi spiritualitas seseorang. Maka dari itu, wisata sejarah di berbagai daerah banyak di kembangkan dan juga diperbaiki segala sarana dan prasarananya agar bisa menambah kenyamanan pengunjung dalam berziarah. Tidak terkecuali untuk Cirebon yang juga terdapat banyak destinasi wisata ziarah yang ada didalamnya.

Cirebon dikenal akan daerah dengan kebudayaan dan juga sisi religius yang tinggi. Maka dari itu, didalamnya, banyak terdapat destinasi wisata yang bisa digunakan untuk berziarah, seperti misalnya makam Sunan Gunung Jati, yang banyak dikunjungi wisatawan untuk berziarah mendoakan beliau, dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya, wisata ziarah ini banyak dikunjungi secara rombongan dari satu tempat ke tempat lainnya. Apa saja rekomendasi wisata ziarah yang ada di Cirebon, berikut adalah beberapa rekomendasinya untuk anda.

Destinasi Wisata Ziarah Yang Ada Di Cirebon

  1. Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati yang merupakan satu dari 9 wali penyebar agama islam di tanah jawa ini, juga merupakan pemimpin rakyat, karena merupakan Sultan pertama yang memimpin Kesultanan Cirebon. Kompleks Makam Sunan Gunung Jati ini, terletak kurang lebih di sebelah utara Cirebon dengan jarak sekitar 3 Km. Banyak wisatawan yang berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati ini. Kawasan ziarah ini, memiliki dua buah kompleks makam. Dan biasanya ramai dikunjungi apalagi pada masa liburan, atau pada saat menjelang Ramadhan dan lebaran.

  1. Situs Batu Tulis Huludayeuh

Kawasan wisata ini, merupakan salah satu prasasti yang berbentu batu tulis, yang merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan pada masa lalu. Objek wisata ziarah dan sejarah ini, terletak di Desa Cikalahang, Dukuhpuntang, Cirebon. Tepatnya di belakang kolam renang Hegar. Situs bersejarah ini, berada di sekitar area persawahan.maka tidak heran jika pemandangan yang ada disekitarnya sangat indah dan asri.

  1. Petilasan Cimandung

Nama lain dari Petilasan ini, adalah Petilasan Mbah Kuwu yang terletak di Desa Kerandon. Petilasan ini, juga terdapat sebuah mata air, dan terdapat pula sebuah batu besar yang bentuknya mirip seperti perahu besar. Berkunjung ke area petilasan ini, selain berziarah, anda pun bisa juga menikmati segarnya udara yang ada di kawasan ini, dan asrinya pepohonan hijau yang akan semakin menambah teduh dan sejuknya kualitas udara yang ada di area ini.

  1. Situs Pasanggrahan Balong Biru Cirebon

Kawasan wisata ziarah ini, terletak di Cirebon Girang, kabupaten Cirebon. Kawasan ini merupakan tempat petilasan yang juga terdapat berbagai macam balong yang dikeramatkan, dengan luas balong yang beragam, mulai dari besar hingga kecil. Banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan situs Pasanggrahan ini, karena memiliki sisi nilai historis yang tinggi. Kawasan wisata ziarah ini, juga ramai dikunjungi, apalagi pada saat waktu tertentu, seperti syawalan, atau pada saat tahun baru Saka/ Hijriyah.

  1. Situs Lawang Gede

Kawasan ini, merupakan salah satu situs sejarah yang merupakan sebuah lawang yang berarti pintu. Situs lawang gede ini,berarti pintu besar yang terbuat dari kayu, yang dulunya digunakan untuk pintu gerbang kerajaan Lawang Gede, dimana peninggalan ini, disimpan di sebuah bangunan dengan berbagai hiasan piring antik didalamnya. Situs Lawang Gede ini, berada di Jalan Sunan Gunung Jati Cirebon.

Demikian beberapa referensi dari destinasi wisata ziarah yang ada di Cirebon, yang bisa anda masukan daftar tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Semoga bermanfaat sebagai tambahan referensi anda akan tujuan wisata ziarah yang ada di Cirebon.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
    company profile jakarta
    Online Support Fast Respon Live Chat 24 Jam. Paling Dahsyat se Indonesia. Cek.
    kubah