Home » Budaya » Jejak Sejarah Di Keraton Kanoman Cirebon

Jejak Sejarah Di Keraton Kanoman Cirebon

Jejak Sejarah Di Keraton Kanoman Cirebon

Kereta Paksi Naga Liman

Jejak Sejarah Di Keraton Kanoman Cirebon – Di Cirebon ini sendiri, memang memiliki sejumlah keraton yang menjadi salah satu peninggalan bersejarah yang mana bisa anda nikmati hingga sekarang, karena memang keraton – keraton yang ada di Cirebon ini merupakan salah satu keraton yang masih tetap berdiri utuh hingga saat ini. Salah satunya adalah Keraton Kanoman yang merupakan salah satu keraton yang ada di Cirebon yang menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan peradaban masyarakat di Cirebon.

Keraton Kanoman ini sendiri, terletak didaerah Jalan Winaon Kampung Kanonam, Lemah Wungkuk, Cirebon, yang dari segi lokasi tidak terlalu jauh dari area Stasiun Kejaksan, karena bisa ditempuh hanya dalam waktu 10 hingga 15 menit menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Keraton Kanoman memang tidak sepopuler Keraton Kesepuhan, namun didalamnya terdapat berbagai sisi nilai sejarah yang bisa anda ketahui.dan berikut ini adalah beberapa jejak sejarah yang ada di Keraton Kanoman Cirebon yang bisa anda ketahui.

Jejak Sejarah Di Keraton Kanoman Cirebon

  1. Pusat Peradaban Kesultanan Cirebon

Keraton Kanoman ini sendiri merupakan salah satu dari pusat peradaban Kesultanan Cirebon. Keraton ini berdiri dilatarbelakangi karena adanya perpecahan yang ada di tubuh internal keraton, sehingga terpecah menjadi Keraton Kanoman, Kesepuhan, Kacirebonan, serta Keraton Keprabon.

  1. Tokoh pendiri Keraton Kanoman

Didirikan oleh Pangeran Mohamad Badrudin, keraton Kanoman ini, juga merupakan salah satu bangunan yang menjadi awal dari berkembangnya agama isam secara pesat di tanah jawa, terutama di Jawa Barat, karena perkembangan islam di Jawa Barat, dipengaruhi oleh perkembangan islam di Cirebon.

  1. Hubungan Sunan Gunung Jati dengan Keraton Kanoman

Sunan Gunung Jati atau yang memiliki nama lain Syarif Hidayatullah, merupakan salah satu tokoh penting dalam penyebaran agama islam di tanah jawa, khususnya didaerah Cirebon, dan keraton Kanoman ini sendiri tidak lepas dari jejak sejarah yang ditorehkannya. Terdapat berbagai macam bangunan serta benda bersejarah di Kanoman yang erat dengan syiar agama islam yang diampaikan oleh Sunan Gunung Jati.

  1. Adat Istiadat di Keraton Kanoman

Hingga saat ini, keraton Kanoman ini sendiri, masih memegang teguh tradisi serta adat istiadat yang mana juga merupakan pepakem yang ada di Keraton Kanoman. Tradisi dan adat istiadat dari Keraton Kanoman ini sendiri bisa berupa Grebeg Syawal, yang dilakukan satu minggu setelah hari raya Idhul Fitri, serta tradisi berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati yang selalu dilakukan rutin setiap tahunnya.

  1. Benda bersejarah di Keraton Kanoman

Selain itu, di Keraton Kanoman ini sendiri, menyimpan berbagai macam benda bersejarah yang ada didalamnya, seperti misalnya Kereta Perang Paksi Naga Liman serta Kereta Jempana yang memiliki kemiripan bentuk dengan Kereta yang ada di Keraton Kesepuhan. Terdapat berbagai macam koleksi lainnya yang biasa anda lihat di museum sekitar keraton Kanoman, seperti tombak, keris, gamelan, dll.

  1. Bangunan penting di Keraton Kanoman

Witana merupakan salah satu bangunan penting yang ada dsalam kompleks Keraton Kanoman, yang merupakan bangunan dengan bentuk Dukuh Caruban yang merupakan bangunan berupa panggung kayu yang merupakan tempat bersemayamnya raja sementara waktu di Keraton Kanoman. Dan juga terdapat patung macan yang menjadi lambang dari Prabu Siliwangi yang terdapat diarea halaman keraton ini.

Itulah beberapa jejak sejarah yang ada di Keraton Kanoman Cirebon, yang bisa anda ketahui sebagai salah satu pengetahuan akan kekayaan sejarah yang ada di Cirebon, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!