Home » Budaya » Karya Seni Khas Cirebon

Karya Seni Khas Cirebon

Kerajinan Gerabah Khas Cirebon

Kerajinan Gerabah Khas Cirebon

Karya Seni Khas CirebonKebudayaan Cirebon selain berupa tarian maupun pertunjukan musik, juga bisa berupa karya seni yang memiliki nilai seni yang tinggi yang mana merupakan salah satu ciri khas yang melambangkan kearifan budaya dan perkembangan peradaban dari masyrakat Cirebon. Karya seni khas Cirebon dulunya juga kerap dijadikan sebagai salah satu upaya untuk media pengajaran agama islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati yang merupakan salah satu wali yang mengajarkan agama islam di Cirebon.

Banyak sekali bentuk karya seni yang bisa anda ketahui yang merupakan salah satu kesenian khas dari Cirebon. Seperti misalnya Batik Cirebon, Lukisan Kaca, wayang kulit, bahkan wayang golek, dll. Jika anda penasaran apa saja karya seni yang merupakan salah satu ciri khas dari kebudayaan Cirebon ini, berikut ini adalah beberapa contoh karya seni khas Cirebon yang bisa anda ketahui sebagai salah satu sisi kebudayaan yang ada di Cirebon.

Karya Seni Khas Cirebon

  1. Batik Cirebon

Yang pertama ada batik Cirebon yang merupakan salah satu kesenian khas dari Cirebon yang bisa anda coba ketahui sebagai salah satu ciri khas dari kota Cirebon. Batik Cirebon ini merupakan batik yang berasal dari daerah pesisir yang memiliki ciri khas motifnya tersendiri. Motif batik khas Cirebon ini terdiri dari berbagai macam jenis, seperti motif megamendung yang menjadi salah satu ikon dari motif batik ini, dan juga berbagai macam motif batik lainnya yang bisa anda temui di Cirebon.

  1. Lukisan kaca

Lukisan kaca merupakan salah satu karya seni yang erat kaitannya dengan kebudayaan asli Cirebon. Biasanya lukisan kaca ini berupa gambar yang terbuat dari kaca, namun berbeda dengan lukisan kaca yang ada di Jawa Tengah, lukisan kaca ini biasanya menyiarkan agama islam dengan bentuk kaligrafi lantunan ayat – ayat suci yang juga bisa berupa gambar – gambar dari berbagai acam karakter pewayangan yang umum diketahui, seperti Arjuna, Lesmana, Rama, Kresna, dll.

  1. Buroq

Karya seni ini memang berupa pertunjukan seni yang biasanya dipertunjukan dengan membawa boneka – boneka besar seperti macab, kuda terbang, singa, dll. Kesenian ini merupakan salah satu kesenian yang terinspirasi seputar perjalanan besar Nabi Muhammad Ke Sidratul Muntaha menggunakan kendaraan Buraq. Biasanya kesenian ini kerap dipertontonkan pada cara – acara hari besar dan juga berbagai macam perayaan.

  1. Kerajinan Gerabah Khas Cirebon

Selain ketiga diatas, Gerabah juga merupakan salah satu kerajian khas dari Cirebon yang merupakan bentuk dari seni kebudayaan yang hasilnya sudah diakui oleh dunia sebagai salah satu karya seni yang berkualitas ekspor. Salah satu pusat dari kerajinan gerabah khas Cirebon ini ada pada daerah Sitiwinangun yang mana merupakan daerah yang terkenal akan karya seni garabhnya yang berada di kecamatan Klangenan sekitar 15 Km dari pusar kota Cirebon ke arah barat. Tradisi membuat gerabah ini sudah dilakukan pada saat masa nenek moyang terdahulu yang memang daerah Sitiwinagun ini merupakan daerah agraris yang memiliki kontur tanah liat, dan tentu saja sangat cocok sebagai bahan dasar dari pembuatan gerabah ini.

Itulah beberapa jenis karya seni khas Cirebon yang menjadi salah satu sisi kebudayaan yang ada di Cirebon. Semoga bermanfaat sebagai rekomendasi untuk anda yang ingin mengenal lebih jauh apa saja kesenian dari Cirebon yang merupakan bentuk kebudayaan asli Cirebon. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!