Home » Budaya » Kesenian Tradisional Yang Ada Di Cirebon

Kesenian Tradisional Yang Ada Di Cirebon

Tari Topeng Cirebon

Tari Topeng Cirebon

Kesenian Tradisional Yang Ada Di CirebonSuatu tempat atau daerah, pasti memiliki kesenian tradisional yang merupakan salah satu ciri khas yang ada dalam sebuah daerah. Tidak terkecuali untuk Cirebon yang merupakan salah satu daerah destinasi wisata yang menarik untuk anda tuju sebagai tempat liburan, merupakan salah satu daerah yang menyimpan beragam kesenian tradisional, yang hingga kini, masih terawat dan terjaga dengan baik. Kesenian tradisional inilah yang juga turut andil dalam menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Karena biasanya, di Cirebon ini, diadakan sebuah event besar, berupa pawai kesenian tradisional, yang tentu saja akan membuat pada wisatawan semakin tertarik mengunjungi Cirebon ini. Berbicara mengenai kesenian tradisional yang ada di Cirebon, memang tidak ada habisnya, karena didalamnya memiliki banyak sekali jenisnya yang bisa anda coba lihat dan nikmati, guna semakin memperkaya wawasan akan kesenian tradisional yang ada dalam sebuah daerah. Dan berikut ini adalah beberapa contoh kesenian tradisional yang ada di Cirebon.

Kesenian Tradisional Yang Ada Di Cirebon

  1. Tari Sintren

Tepatnya di wilayah Cirebon pesisir sebelah utara, terdapat tarian tradisional, bernama Tar Sintren, yang mana merupakan salah satu tarian yang terkenal akan nuansa mistisnya. Biasanya dalam tari sintren, sang penari akan kemasukan roh bidadari, yang dipanggil oleh pawangnya, namun dengan syarat, bahwa si penari sintren ini, mesti wanita yang masih gadis. Dalam perkembangannya, tarian sintren ini, juga diselingi dengan bodoran, atau lawakan.

  1. Lukisan Kaca

Lukisan kaca ini, menjadi salah satu saksi sejarah dari penyebaran agama islam, yang memang menjadi salah satu media penyebaran agama islam yang ada di Cirebon. Biasanya, lukisan kaca ini, berbentuk seperti wayang ataupun kaligrafi, yang ditulis menggunakan media kaca. Perbedaan dari lukisan kaca yang ada di Solo dengan Cirebon terletak dalam teknik pembuatannya, karena pembuatan lukisan kaca di Solo untuk kacanya terletak didepan, sedang untuk lukisan kaca Cirebon berada di sebaliknya.

  1. Batik Cirebon

Batik Cirebon merupakan salah satu hasil dari asimilasi atau percampuran kebudayaan yang ada di Cirebon, yaitu percampuran budaya China,Arab, Persia, serta India.motif batik khas Cirebon ini, memang memiliki corak serta ragamnya tersendiri. Salah satu corak yang terkenal untuk batik Cirebon ini adalah motif Megamendung, Paksi Naga Liman, dll. Batik Cirebon memiliki pusat produksi serta penjualan di Trusmi, Plered.

  1. Buroq

Kesenian ini, lahir sekitar tahun 1934, yang juga memiliki nama lain seni Bedawang, yang berarti boneka – boneka besar. Buraq ini sendiri merupakan salah satu kesenian daerah yang diilhami dari peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad, yang menggunakan tunggangan bernama Buraq. Biasanya kesenian Buraq ini, digunakan dalam acara spesial dan tertentu, seperti khitanan, perkawinan, Marhaban, dll.

  1. Tari Topeng

Tari topeng ini, seperti halnya namanya, yang memang merupakan tarian yang menggunakan media topeng, dengan berbagai cerita yang biasanya dibawakan oleh si penari. Tarian ini biasanya bisa dilakukan secara tunggal, maupun berkelompok, yang biasanya diiringi dengan berbagai macam alat musik tradisional seperti rebab, kendang. Warna topeng yang digunakan, melambangkan perwatakan dari karakter si penari. Seperti warna topeng biru, yang melambangkan karakter yang anggun, dll.

Itulah beberapa ragam kesenian tradisional yang ada di Cirebon. Semoga bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan anda akan budaya dan kesenian asli didaerah Cirebon ini.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    situs poker online
    judi online terpercaya