Home » Budaya » Makam Bersejarah Di Cirebon

Makam Bersejarah Di Cirebon

Makam Nyi Mas Ayu Gandasari

Makam Nyi Mas Ayu Gandasari

Makam Bersejarah Di CirebonSejarah kota Cirebon tidak terlepas dari para tokoh yang merupakan salah satu peran yang memiliki banyak andil dalam perkembangan masyarakat Cirebon. Cirebon memang terkenal sebagai kota santri, dimana perkembangan agama islam memang sangat pesat, yang dibawakan oleh Sunan Gunung Jati yang memiliki pengaruh besar di Cirebon sebagai salah satu Sultan yang memimpin Cirebon, dan menyebarkan ajaran islam sekaligus. Selain Sunan Gunug Jati, banyak lagi tokoh islam yang ada di Cirebon yang memiliki andil dalam perkembangan agama islam di Cirebon.

Dengan keadaan yang demikian, tentu saja di Cirebon terdapat beragam peninggalan sejarah yang bisa anda ketahui. Selain masjid, makam dari tokoh – tokoh penting yang ada di Cirebon juga merupakan salah satu saksi sejarah yang bisa anda temui hingga saat ini. Maka tidak heran jika di Cirebon ini banyak ditemui makam – makam bersejarah yang kerap menjadi tujuan ziarah para peziarah dari berbagai daerah. Dan berikut ini adalah beberapa makam bersejarah dari Cirebon yang bisa anda coba ketahui.

Makam Bersejarah Di Cirebon

  1. Makam Sunan Gunung Jati

Makam ini merupakan Makam dari Sunan Gunung Jati yang merupakan salah satu makam bersejarah yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Makam bersejarah ini, dihiasi oleh keramik Cina yang berasal dari Dinasti Ming, dimana lokasi ini juga merupakan salah satu kompleks pemakaman dari keluarga keraton Cirebon. Letak dari makam bersejarah ini berada disekitar 6 Km dari arah utara Kota Cirebon. Makam Sunan Gunug Jati berada di sekitar bukit Gunung Sembung.

  1. Makam Nyi Mas Ayu Gandasari

Selanjutnya ada Makam Nyi Mas Ayu Gandasari yang merupakan salah satu putera Sayyif Malik Shaleh yang berasal dari Aceh yang dibawa ke Cirebon untuk mengislamkan raja Galuh. Kompleks makam ini, berada di Desa Pangurangan Kecamatan Arjawinangun yang juga kerap dijadikan sebagai salah satu tujuan ziarah yang ramai dikunjungi oleh para peziarah, karena memiliki nilai sejarah yang tinggi, dan merupakan salah satu makam dari tokoh penyebar agama islam di Cirebon.

  1. Makam Syekh Magelung

Selanjutnya ada Makam Syekh Magelung yang juga dikenal sebagai Pengaron Soka putra dari Raja Syam. Menurut sejarah, Pangeran Soka ini berkunjung ke Cirebon sebagai salah satu upaya beliau untuk mencari guru yang bisa memotong rambut panjangnya. Setelah bertemu Ki Kuwu, yang behasil memotong rambutnya, Pangeran Soka mendirikan pesantren yang kini dikenal sebagai desa Krang kendal. Syekh Magelung ini sendiri merupakan salah satu ulama yang disegani dan makamnya saat ini kerap ramai dikunjungi oleh para peziarah untuk mendoakannya.

  1. Makam Talun

Makam ini merupakan makam dari seorang tokoh yang merupakan salah satu pendiri Cirebon yang disebut juga sebagai Mbah Kuwu. Makam yang berada di Desa Cirebon Girang, Kabupaten Cirebon ini, merupakan salah satu makam yang disakralkan oleh penduduk Cirebon, karena makam ini merupakan salah sat makam dari pemimpin Cirebon yang terkenal sakti. Maka dari itu, sampai saat ini, banyak sekali para peziarah dari seluruh penjuru tanah jawa yang kerap mengunjungi makam ini sebagai salah satu tempat untuk berziarah.

Demikian beberapa makam bersejarah yang ada di Cirebon yang bisa anda coba kunjungi sebagai salah satu destinasi wisata ataupun sebagai salah satu sumber pengetahuan sejarah anda seputar latar belakang berdirinya kota Cirebon. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!