Home » Kuliner » Makanan Khas Cirebon Yang Populer dan Banyak Dicari

Makanan Khas Cirebon Yang Populer dan Banyak Dicari

Makanan Khas Cirebon Yang Populer dan Banyak Dicari

Makanan Khas Cirebon YangPopuler dan Banyak Dicari –Cirebon merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki beragam pilihan tempat wisata yang bisa anda jadikan sebagai destinasi liburan yang menyenangkan. Selain memiliki beragam pilihan destinasi wisata yang menarik, Cirebon juga memiliki makanan khas nya, seperti halnya daerah lainnya yang ada di Indonesia. Makanan khas daerah Cirebon ini, memang memiliki rasa yang spesial yang kebanyakan memiliki rasa gurih dan pedas, khas masakan daerah pesisir.

Maka belum lengkap rasanya, jika anda berkunjung ke daerah Cirebon dan belum mencicipi sajian kuliner yang tersedia. Kebanyakan kuliner khas Cirebon ini, banyak tersedia di berbagai tempat wisata yang ada di Cirebon, jadi, selain anda berwisata menikmati indahnya objek wisata yang anda kunjungi, juga sekaligus mencicipi kuliner khas Cirebon yang lezat ini. Berikut adalah beberapa referensi makanan khas Cirebon yang populer dan paling banyak dicari.

Makanan Khas Cirebon Yang Populer dan Banyak Dicari

  1. Sate Kalong

Banyak yang mengira bahwa sajian sate kalong ini, berasal dari bahan dasar kalong atau kelelawar. Namun ternyata bahan dasar dari pembuatan sate kalong ini, berasal dari daging kerbau. Sate daging kerbau ini, memang jarang ditemui di tempat lain, namun di Cirebon, anda bisa mendapati kuliner khas Cirebon ini dengan mudah. Biasanya sate kalong ini dijajakan pada saat malam hari, dari maghrib, hingga tengah malam. Rasa darin sate kalong ini, terdiri dari dua rasa, yaitu rasa manis, serta rasa asin.

  1. Docang

Sajian kuliner khas Cirebon ini, merupakan salah satu makanan yang banyak dicari oleh wisatawan. Docang ini sendiri, merupakan makanan yang terdiri atas daun singkong rebus, dengan campuran lontong, tauge, kerupuk hingga tempe gembos. Selain itu, untuk rasa khas nya sendiri, Docang diberikan parutan kelapa mudah diatasnya. Sajian kuliner khas Cirebon ini, biasanya kerap disajikan pada saat sarapan di pagi hari.

  1. Tahu Gejrot

Nama kuliner yang satu ini, memang terbilang menarik, kuliner yang satu ini, memang sangat terkenal, dan bahkan diluar Cirebon pun anda bisa mudah menemukannya. Tahu gejrot ini sendiri, merupakan sajian kuliner yang terdiri atas bumbu dengan bahan dasar bawang merah dan bawang putih ditumbuk, kemudian ditambah gula merah, dan diberikan cabai, serta tahu sumedang didalamnya.

  1. Nasi Jamblang

Nasi jamblang merupakan salah satu sajian kuliner yang berasal dari daerah Jamblang di Cirebon yang berada di sebelah barat kota Cirebon. Nasi jamblang ini sendiri, memiliki bentuk dan penyajian yang unik. Untuk bungkusnya sendiri, nasi Jamblang ini, dibungkus menggunakan daun jati, selain itu, pilihan menu lauk dari nasi jamblang ini sendiri, terbilang cukup beragam. Seperti misalnya tahu disayur, sambal, semur, tempe goreng, ikan asin, tahu goreng, dll. Nasi jamblang sangat mudah ditemukan diberbagai macam rumah makan yang ada di daerah Cirebon. Belum lengkap rasanya berkunjung ke kota udang ini, jika belum mencicipi nasi jamblang.

  1. Nasi Lengko

Nasi lengko juga merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang berbentuk nasi, dengan penyajian yang sederhana, yang mana didalamnya, anda bisa mendapati aneka kombinasi bahan didalamnya, seperti tauge, mentimun, tahu, seledri, tempe, dan juga bawang goreng yang mana semuanya disiram menggunakan bumbu kacang yang menjadi sajian khas dari nasi lengko ini. Makanan ini merupakan salah satu kuliner yang populer di daerah Cirebon.

  1. Mie Koclok

Mie koclok memang dari namanya mirip seperti mie kocok yang merupakan makanan khas Bandung. Namun mie koclok khas Cirebon ini, memiliki sajian yang berbeda, yaitu dengan campuran daging ayam, mie kuning, dan ditambah dengan kol serta telur dan tauge.mie koclok ini menggunakan kuah santan yang hangat dan khas. Cocok sekali bagi anda yang sangat menyukai kuliner dengan rasa yang gurih dan hangat.

 

Itulah beberapa makanan khas dari Cirebon yang populer dan banyak dicari oleh para wisatawan jika sedang mengunjungi kota udang ini. Masih banyak lagi piliihan sajian kuliner yang bisa anda temui di Cirebon. Semoga bermanfaat.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
    Harga green world slimming capsule
    TV Mobil, Headrest Monitor, Speaker. Paket Audio/Video Murah & Lengkap