Home » Budaya » Masjid Bersejarah Di Cirebon

Masjid Bersejarah Di Cirebon

Pendopo Masjid Keramat Megu Gede

Masjid Keramat Megu Gede

Masjid Bersejarah Di Cirebon Terkenal sebagai kota wali, Cirebon memang menjadi salah satu daerah yang kaya akan peninggalan – peninggalan sejarah yang saat ini bisa anda saksikan dan masih tetap berdiri kokoh sebagai salah satu warisan sejarah yang mana merupakan salah satu potret dari peninggalan masa lampau. Salah satunya adalah masjid. Masjid selain sebagai tempat ibadah, dulunya juga merupakan sebagai salah satu warisan kebudayaan dan juga sebagai tempat untuk membangun kekuatan melawan penjajah.

Masjid juga kerap digunakan sebagai salah satu titik pusat perkembangan agama islam di Cirebon. Banyak sekali masjid yang ada di Cirebon ini yang kaya akan sisi historisnya, yang dibangun oleh para tokoh – tokoh penyebar agama islam di Cirebon. Masjid ini sendiri, saat ini selain sebagai bentuk warisan sejarah, juga kerap dijadikan sebagai destinasi wisata. Dan berikut ini adalah beberapa masjid bersejarah yang ada di Cirebon yang bisa anda ketahui.

Masjid Bersejarah Di Cirebon

  1. Masjid Pasalakan

Masjid Pasalakan inimerupakan masjid yang memiliki desain layaknya bangunan pada kerajaan tempo dulu. Masjid ini memang tidak setenar masjid tua lainnya yang ada di Cirebon. Namun nyatanya, masjid yang memiliki nama Masjid Merah Pasalakan ini sudah lama berdiri dan diyakini masyarakat Cirebon sudah berdiri sejak berabad – abad yang lalu. Masjid ini dibangun oleh Syekh Syarif Abdurrahman Al Usmani yang berasa dari Baghdad Iraq. Masjid ini kerap digunakan oleh wali songo untuk beribadah dan merencanakan syiar islam secara luas.

  1. Masjid Al Karomah

Masjid yang satu ini, merupakan salah satu masjid yang memiliki nuansa khas Jawa di arsitekturnya dan juga merupakan salah satu masjid yang memiliki usia sudah lebih dari ratusan tahun. Ruang utama dari masjif ini digunakan untuk beribadah, dan juga dibangun dengan sejumlah tiang atau saka, yang saat ini berdiri kokoh walaupun memiliki usia yang sudah ratusan tahun. Masjid ini dibangun oleh Sunan Gunung Jati, yang mana memiliki usia lebih dari 700 tahun.

  1. Masjid Keramat Megu Gede

Masjid yang satu ini merupakan salah satu masjid yang didirikan oleh Ki Buyut Atas Angin sekitar abad ke 17. Arsitektir dari masjid ini berupa tembok yang mengelilingi area masjid yang mana memiliki ketinggian sekitar 2 meter, dengan pintu gerbang yang lebih rendah. Masjid ini memiliki pendopo yang kerap digunakan untuk diskusi dan atau musyawarah masyarakat umum. Dan terdapat sumur yang dulunya memang berada di luar masjid, namun dipugar ulang menjadi berada didalam masjid.

  1. Masjid Pejlagrahan

Masjid selanjutnya yang kaya akan sisi historisnya adalah Masjid Pejlagrahan yang merupakan masjid yang dulunya didirikan leh para nelayan pada zaman dulu sebagai tempat untuk beribadah, dan juga digunakan sebagai tempat persinggahan Masjid ini berdiri sebelum masjid Sang Cipta Rasa berdiri dengan jarak waktu sekitar 100 tahun. Masjid ini kerap dikunjungi oleh para peziarah sebagai salah satu wisata religi yang juga merupakan salah satu masjid yang ramai dikunjungi. Di masjid ini biasanya diadakan acara pengajian dan juga acara – acara yang berhubungan dengan kegiatan pada hari – hari besar agama islam di Cirebon.

Itulah beberapa masjid yang bersejarah di Cirebon yang sarat akan nilai historis serta sisi perjuangan rakyat Cirebon yang hingga kini bisa anda lihat dan bisa anda kunjungi.semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *