Home » Budaya » Mengenal Karkater Yang Ada Dalam Tari Topeng

Mengenal Karkater Yang Ada Dalam Tari Topeng

Tari Topeng Cirebon

Tari Topeng Cirebon

Mengenal Karkater Yang Ada Dalam Tari Topeng – Salah satu jenis kebudayaan asli Cirebon yang menjadi salah satu warisan kebudayaan yang ada hingga saat ini, memang merupakan kekayaa budaya yang sarat akan sisi hitoris yang ada didalamnya. Banyak sekali peninggalan berupa kebudayaan yang ada di Cirebon, salah satunya adalah Tari Topeng yang merupakan salah satu tarian khas Cirebon yang dulunya merupakan tarian khas yang juga digunakan untuk sarana penyebaran agama islam dan juga sebagai salah satu tarian yang digunakan untuk mediasi dengan pihak musuh.

Tari topeng khas Cirebon ini sudah ada sejak abad 10 hingga 11 masehi yang dulunya ada dalam masa pemerintahan Prabu Panji Dewam dan dibawa masuk ke Cirebon dan mengalami alkulturasi budaya setempat. Dalam tari topeng ini, si penari membawakan berbagai macam karakter yang digunakan selama tarian berlangsung. Terdapat banyak karakter dalam tari topeng yang masing – masing memiliki sisi historis yang bisa anda ketahui. Dan berikut ini adalah beberapa karakter yang ada dalam tari topeng Cirebon yang bisa anda ketahui.

Mengenal Karkater Yang Ada Dalam Tari Topeng

  1. Topeng Panji

Topeng panji ini sendiri, merupakan salah satu penggambaran dari sosok manusia yang masih suci dan juga memiliki gerakan yang lembut serta halus. Tarian topeng panji ini, merupakan gabungan dari tarian gerak hakiki dan juga gerak hakiki diam yang ada dalam sebuah filosifo tarian. Panji ini sendiri merupakan bentuk akronim dari Mapan Ning Kang Sji yang artinya bentuk penghambaan kepada Allah yang Maha Esa.

  1. Topeng Samba

Topeng samba ini sendiri merupakan bentuk penggambaran dari fase ketika manusia sudah memasuki dunia anak – naka, yang mana ketikan tarian sudah memasuki karakter topeng samba, gerakan tari akan menjadi lebih lincah, dan juga lebih luwes serta lucu. Selain itu, makna dari karakter ini adalah makna yang berarti setiap waktu kita wajib mengerjakan perintahNya.

  1. Topeng Tumenggung

Karakter selanjutnya ada Topeng Tumenggung yang merupakan bentuk penggambaran dari manusia ketika sudah memasuki fase dewasa, yang penuh dengan kebijaksanaan dan juga berbentuk layaknya seperti seorang prajurit, yang penuh loyalitas. Karakter ini juga berarti memiliki arti senantiasa mengharumkan nama Allah dengan terus berdoa dan berdzikir.

  1. Topeng Rumyang

Selanjutnya ada Topeng Rumyang yang merupakan salah satu bentuk karakter yang menggambarkan karakter yang sudah memasuki masa akhil baligh yang mana juga merupakan penggambaran dari sisi kita bahwa setiap manusia harus saling menghormati dan mengembangkan sifat saling silih dan asuh. Dan memberikan kebaikan pada sesama manusia.

  1. Topeng Klana

Karakter yang satu ini merupakan bentuk penggambaran dari Kelana yang berarti bahwa dalam hidup wajib berikhtiar. Kata Kelana ini berarti berupa bentuk mencari yang memiliki arti pencarian sisi kebaikan yang mesti dilakukan semasa hidup. Dalam sisi tarian topeng kelana ini merupakan salah satu visualisasi dari bentuk karakter rahwana yang berarti serakah dan penuh amarah, yang maan merupakan salah satu sisi lain dari karakter seorang manusia. Gerakan tarian dalam karakter ini merupakan gerakan yang tegas dan juga penuh dengan ambisi layaknya seorang raja yang haus duniawi.

Itulah beberapa karakter yang bisa anda ketahui dalam tarian topeng yang kerap dibawakan sebagai karakter yang ada didalamnya yang dulunya dibawakan untuk pengajaran agama islam dengan sisi pendekatan kebudayaan. semoga bermanfaat.

5 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *