Home » Budaya » Peninggalan Masa Kejayaan Islam Di Cirebon

Peninggalan Masa Kejayaan Islam Di Cirebon

kompleks-makam-sunan-gunung-jati-cirebon

Kompleks Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

Peninggalan Masa Kejayaan Islam Di Cirebon – Masyarakat Cirebon dengan agama islam memang berkaitan dan berhubungan erat satu dengan lainnya. Hal ini dikarenakan, penyebaran agama islam di Cirebon ini dilakukan secara pesat oleh Sunan Gunung Jati yang merupakan satu dari sekian banyak wali yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa. Pada sisi penyebaran agama islam di Cirebon ini, tentu saja banyak sekali peninggalan – peninggalan sejarah islam di kota udang ini yang menjadi jejak sejarah, dan hingga kini masih bisa kita lihat.

Banyak sekali peninggalan sejarah yang menjadi jejak masa kejayaan islam di Cirebon yang bisa kita kenali. Kebanyakan peninggalan sejarah ini berupa masjid, keraton, makam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mengenal kebudayaan dan sejarah Cirebon bisa dimulai dengan mengenal apa saja peninggalan sejarah yang ada di Cirebon ini. Dan berikut ini adalah beberapa peninggalan sejarah masa kejayaan islam di Cirebon yang bisa anda coba ketahui.

Peninggalan Masa Kejayaan Islam Di Cirebon

  1. Keraton Gebang

Keraton Gebang ini, terdapat di daerah dusun Krapyak, Babakan Kulon, Kecamatan Babakan. Keraton Gebang ini, didirikan oleh Cicit dari Sunang Gunung Jati sebagai salah satu pusat pemerintahan yang sekaligus difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan logistik. Keraton gebang ini, memiliki ciri khas berupa atap genting, serta pada bagian halaman depan terbagi menjadi dua tempat yang bagian barat cenderung lebih terbuka, dan di sebelah selatan terdapat patung gajah putih.

  1. Keramat Plangon

Selanjutnya ada Keramat Plangon yang merupakan salah satu makam dari tokoh penyebar agama islam di Cirebon yang saat ini dikeramatkan. Makam ini berada di kawasan Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon. Kompleks makam keramat ini, merupakan makam dari Pangeran Panjunan serta Pangeran Kejaksan. Kedua pangeran ini merupakan putra dari kerajaan Baghdad di Iraq yang menyebarkan agama islam di tanah jawa.

  1. Keramat Syech Magelung Sakti

Selanjutnya ada Keramat Syech Magelung Sakti yang merupakan salah satu makam dari tokoh penyebaran agama islam di tanah Jawa khususnya daerah Cirebon yang mana merupakan makam dari Syech Magelung Sakti yang terkenal mengajarakan sistem pendidikan islam melalui sistem padepokan. Makam ini berada di Kampung Karang, Desa Karang Kendal, lokasi dari makam ini, berada di sekitar jalan raya yang menghubungkan antara Cirebon dengan Indramayu.

  1. Kompleks Buyut Trusmi

Selain itu, terdapat pula kompleks Buyut Trusmi, yang merupakan slaah satu makam yang banyak disinggahi oleh peziarah yang ingin berziarah ke makam Buyut Trusi yang merupakan salah satu penyebar agama islam di tanah Cirebon. Buyut Trusmi ini sendiri merupakan anak pertama dari raja Pajajaran atau yang lebih dikenal sebagai Prabu Siliwangi. Di kompleks makam ini, terdapat bangunan masjid pada bagian selatan, dan beberapa bangunan lainnya. Sedangkan untuk makam Buyut Trusmi ini sendiri, terdapat di bagian Utara.

  1. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung jati ini, merupakan salah satu makam yang ramai diziarahi oleh para peziarah yang biasanya sangat pada oleh pengunjung terutama pada bulan syawal. Sunan Gunung Jati ini sendiri, merupakan salah satu dari Wali Songo yang menyebarkan agama islam di tanah Cirebon dan merupakan Sultan Pertama di Cirebon. Di area makam Sunan Gunung Jati ini, kerap dilakukan upacara Syawalan Gunung Jati yang diadakan setiap setahun sekali.

Itulah beberapa peninggalan dari masa kejayaan islam di Cirebon yang bisa anda coba ketahui. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin mengenal lebih jauh lagi peninggalan – peninggalan sejarah yang ada di Cirebon ini.

One Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *