Home » Sejarah » Peninggalan Sejarah Kerajaan Cirebon

Peninggalan Sejarah Kerajaan Cirebon

kereta-singa-barong-kesepuhan

Kereta Singa Barong Kesepuhan

Peninggalan Sejarah Kerajaan Cirebon – Berbicara mengenai Cirebon, maka tidak terlepas dari berbagai macam sisi historis yang ada didalamnya yang memiliki banyak sekali peninggalan sejarah yang bisa anda lihat dan ketahui hingga saat ini. Cirebon terkenal akan keratonnya yang memiliki banyak sekali jenisnya, dan hingga saat ini masih berdiir kokoh sebagai salah satu bukti sejarah peradaban masyarakat Cirebon. Banyak peninggalan sejarah yang menandakan kejayaan dari kerajaan Cirebon yang tersimpan rapih di museum ataupun berdiri kokoh berupa bangunan hingga saat ini.

Seperti misalnya keraton Cirebon yang terdiri atas 3 buah keraton yaitu Keraton kesepuhan, Keraton Kanoman, serta Keraton Kacirebonan yang masing – masing memiliki nilai historis serta sejarah yang bisa anda ketahui. Selain keraton, banyak lagi peninggalan sejarah kerajaan Cirebon yang bisa anda coba ketahui. Dan berikut ini adalah beberapa peninggalan sejarah kerajaan Cirebon yang bisa anda coba ketahui dan kenali, agar nantinya anda bisa mengenal sisi sejarah dari kota Cirebon.

Peninggalan Sejarah Kerajaan Cirebon

  1. Keraton Kesepuhan Cirebon

Yang pertama ada Keraton Kesepuhan Cirebon yang berada di Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon. Dibangunan keraton ini, anda akan mendapati bangunan dengan ciri khas arsitektur yang khas campuran berbagai macam kebudayaan. Selain itu, didalamnya juga terdapat berbagai macam peninggalan berbagai macam benda bersejarah lainnya, seperti kereta singa, naskah kuno, barong, dan masih banyak lainnya.

  1. Kereta Singa Barong Kesepuhan

Kendaraan bersejarah ini merupakan salah satu hasil karya dari seorang Penembahan Losari yang merupakan cucu dari Sunan Gunung Jati yang dibuat pada sekitar tahun 1549. Kerata Barong Kesepuhan ini merupakan kereta yang berbentuk belalai gajah yang melambangkan persahabatan Kesultanan Cirebon dengan kerjaan India. Selain itu, kepala naga yang ada di kereta ini melambangkan persahabatan dengan kerajaan Cina. Dan uniknya lagi, bentuk buraq yang ada pada badan kereta melambangkan persahabatan dengan bangsa Mesir.

  1. Keraton Kanoman

Selain itu, terdapat keraton Kanoman yang memiliki letak sekitar 300 meter dari sebelah utara Keraton Kesepuhan. Keraton ini didirikan pada saat Penambahan Girilaya wafat, yang merupakan Keraton yang didirikan oleh Sultan Badridin atau Sultan Kanoman I yang juga dijadikan sebagai salah satu pusat pemerintahan dari daerah Cirebon.

  1. Kereta Paksi Naga Lima

Kereta ini merupakan salah satu kereta yang menjadi kebesaran Sunan Gunung Jati, yang mana bentuk dari kereta ini menggabungkan bentuk dari sebuah paksi atau seekor burung, dan juga naga, serta gajah yang bisa menjadi salah satu peninggalan sejarah yang saat ini disimpan di bagian dalam keraton Kanoman. Selain itu, kereta ini memiliki keunikannya tersendiri, dimana memiliki sayap, dan jika digunakan untuk berjalan sayap yang ada pada kereta ini bisa dikepakan dengan baik.

  1. Keraton Kacirebonan

Keraton ini merupakan salah satu keraton yang paling kecil, dimana merupakan salah satu Keraton yang digunakan oleh Pengeran Kanoman pewaris takhta Keraton Kanoman yang bergabung dengan rakyat Cirebon untuk menolak pajak yang diterapkan oleh Belanda. Pangeran Kanoman ditangkap dan diasingkan ke Ambon, kemudian setelah kembali haknya sebagai Sultan dicabut dan mulai merintis berdirinya Keraton Kacirebonan ini.

Itulah beberapa peninggalan kerajaan Cirebon yang bisa anda ketahui dan menjadi salah satu saksi sejarah dari perkembangan kebudayaan dan juga perkembangan masyarakat serta kepemimpinan di daerah Cirebon. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!