Home » Budaya » Peninggalan Sejarah Yang Ada Di Cirebon

Peninggalan Sejarah Yang Ada Di Cirebon

keraton-kanoman-cirebon

Keraton Kanoman Cirebon

Peninggalan Sejarah Yang Ada Di Cirebon – Sejarah dan peninggalannya memang memiliki hubungan yang saling berkaitan satu dengan lainnya, dimana setiap sejarah pasti memiliki jejak peninggalan yang hingga saat ini masih eksis menjadi salah satu titik dan saksi peradaban sebuah daerah. Tidak jauh berbeda dengan Cirebon, dimana daerah yang terletak di pesisir pantai utara jawa ini, merupakan salah satu daerah yang kaya akan sisi peninggalan sejarah yang banyak. Terlebih lagi Cirebon menjadi salah satu pusat penyebaran agama islam di tanah Sunda, sehingga semakin banyak warisan sejarah yang ditorehkan didalamnya.

Banyak sekali peninggalan sejarah yang ada di Cirebon, dimana anda bisa mendapatinya dengan beragam jenis. Mulai dari keraton Cirebon yang terdiri atas beberapa jenis keraton yang mana merupakan bentuk perpecahan dari keraton kesepuhan. Selainitu, masjid dan beragam situs bersejarah lainnya, seperti makam Sunan Gunung Jati, menjadi saksi sejarah yang kini masih eksis di Cirebon. Berikut adalh peninggalan sejarah yang ada di Cirebon yang bisa anda ketahui.

Peninggalan Sejarah Yang Ada Di Cirebon

  1. Makam Sunan Gunung Jati

Antara Sunan Gunung Jati dengan Cirebon memang memiliki keterkaitan yang bersinambung satu dengan lainnya. Sunan Gunung Jati merupakan tokoh penting dalam penyebaran agama islam di Cirebon, yang mana juga sekaligus sebagai Sultan yang memimpin Kesultanan Cirebon. Beliau dimakamkan sekitar 6 km dari arah utara kota Cirebon.yang berada di sekitar bukit Gunung Sembung. Banyak peninggalan dan catatan sejarah yang ditorehkan oleh Sunan Gunung Jati sebagai salah satu kekayaan sejarah dan bukti nyata perkembangan islam di tanah Cirebon.

  1. Masjid Al Karomah

Nuansa khas jawa sangat kental dari segi arsitekturnya yang nampak dimasjid ini. Masjid yang sudah memiliki usia ratusan tahun ini, merupakan salah satu masjid yang selain digunakan sebagai tempat beribadah juga merupakan salah satu masjid yang Masjid yang hanya memiliki satu tiang utama penyangga saja, yang dulunya dibangun oleh Sunan Gunung jati. Masjid ini sampai sekarang memiliki usia lebih dari 700 tahun yang hingga saat ini msih berdiri kokoh sebagai salah satu saksi sejarah dan peradaban masyarkaat Cirebon.

  1. Keraton Kesepuhan

Keraton ini, merupakan keraton yang paling megah, dan juga keraton yang paling terawat hingga saat ini. Bangunan keraton ini memang memiliki makna sejarahnya tersendiri. Dengan arsitektur yang khas, dan berisi berbagai macam koleksi lukisan, serta peninggalan sejarah lainnya. Keraton yang didirikan oleh Pangeran Mas Mochamad Arifin II ini, merupakan keraton yang dibangun untuk menggantikan Sunan Gunung Jati yang merupakan Sultan Cirebon karena telah wafat. Didepan keraton ini, terdapat alun – alun yang dulunya bernama Alun Alun Sangkala Buana, yang merupakan salah satu tempat untuk latihan keprajuritan.

  1. Keraton Kanoman

Keraton ini, dulunya merupakan salah satu pusat dari peradaban Kesultanan Cirebon, yang selanjutnya terpecah menjadi keraton kesepuhan, dan keraton kacirebonan., serta kerato keprabonan. Keraton kanoman ini, merupakan jejak peninggalan Sunan Gunung Jati. Di area keraton kanoman ini, para penghuninya, masih memegang teguh pakem tradisi dan juga adat istiadat, seperti tradisi Grebeg Syawal, dll. Kompleks Keraton yang memiliki luas 6 hektar ini, terdapat lebih dari 27 bangunan kuno didalamnya.

Itulah beberapa peninggalan sejarah yang ada di Cirebon sebagai salah satu warisan budaya dan sejarah yang menjadi titik sejarah yang penuh dengan sisi historis yang bisa menjadi pengetahuan anda seputar Cirebon. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!