Home » Budaya » Sejarah Batik Cirebon Dan Motifnya

Sejarah Batik Cirebon Dan Motifnya

batik-sawat-pengantinSejarah Batik Cirebon Dan Motifnya – Batik Cirebon merupakan salah satu jenis batik yang merupakan satu dari sekian banyak kekayaan kebudayaan yang ada di Cirebon. Batik Cirebon ini sendiri, merupakan salah satu jenis batik yang menjadi oleh – olejh khas dari kota udang ini. Dulunya, kegiatan membatik ini kerap dilakukan oleh anggota tarekat yang mengabdi di Keraton, dan saat ini, membatik merupakan salah satu sumber pendapatan dari sebagian masyarakat Corebon. Batik Cirebon juga tidak lepas dari perkembangan pusat pergerakan Tarekat yang ada di Cirebon.

Untuk motif yang ada di batik khas Cirebon ini, memang terbilang unik, dan khas seperti halnya batik yang berasal dari area pesisir. Selain itu, terdapat beragam jenis motif dri batik Cirebin ini yang bisa anda kenali dan merupakan kekayaan kebudayaan yang hingga kini terus dilestarikan. Jika anda ingin mengenal apa saja motif batik dari batik khas Cirebon ini, berikut adalah motif batik khas Cirebon yang bisa anda coba ketahui dan kenali lebih dekat lagi.

Sejarah Batik Cirebon Dan Motifnya

  1. Batik Megamendung

Motif batik megamendung ini merupakan salah satu ion dari motif batik Khas Cirebon yang mana motif batik ini berupa motif yang menyerupai awan, dengan warna yang tegas, serta memiliki nilai filosofinya tersendiri. Selain itu, motif megamendung ini juga erat sekali kaitannya dengan sejarah dari lahirnya kebudayaan barupa batik di Cirebon. Bahkan hingga saat ini, motif batik megamendung ini sudah sangat terkenal hingga sampai ke mancanegara.

  1. Batik sawat pengantin

Motif batik ini merupakan salah satu motif batik yang memiliki nilai filosofi dan simbolisme yang tinggi disetiap goresan motifnya. Secara filosofi, motif batik ini berarti merupakan salah satu bentuk dari simbolisme menuju keesaan seperti halnya seorang pengantin yang memiliki banyak harapan serta kebahagiaan. Eksperesi dari harapan dan kebahagiaan inilah yang dituangkan oleh masyarakat daerah Cirebon dan Indramayu melalui seni membatik ini.

  1. Batik Paksinaga Liman

Motif batik ini berupa kerat kencana, yang mana merupakan salah satu motif batik yang memiliki perwujudan antara naga dan juga garuda serta gajah. Perwujudan dari motif batik yang satu ini memiliki makna tersendiri sebagai salah satu simbol kekuaan yang  adapada kerajaan Cirebon. Uniknya lagi, motif batik yang satu ini kerap dipesan oleh turis Jepang sebagai bahan untuk membuat baju kimono khas Jepang.

  1. Batik Singa Payung

Motif batik yang satu ini,merupakan salah satu motif yang ide pembuatannya terinspirasi dari lingkungan yang ada pada keraton kanoman Cirebon. Motif ini berupa motif yang berbentuk bangunan keraton dengan dasar warna yang cerah, seperti warna putih. Selain itu, Batik Singa Payung ini banyak dipesan dan digunakan oleh keluarga kerajaan.

  1. Batik Singa Barong

Motif ini terinspirasi dari kendaraan berupa singa barong yang kerap digunakan oleh Sultan Cirebon sebagai kendaraan keraton. Singa barong ini dijalankan oleh empat ekor kerbau yang merupakan kendaraan Sultan, yang mana saat ini singabarong ini masih tersimpan di museum keraton kesepuhan Cirebon. Ornamen utama dari motif batik ini berupa kereta Singa Barong yang gagah.

 

Demikian beberapa motif batik khas Cirebon berikut sejarahnya yang bisa and coba kenali dan ketahui. Maka jika anda sedang berkunjung ke Cirebon, ada baiknya untuk membeli batik Cirebon ini yang merupakan kekayaan budaya dan sarat akan sisi historis yang sangat tinggi ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!