Home » Wisata » Tempat Wisata Budaya Yang Terkenal Di Cirebon

Tempat Wisata Budaya Yang Terkenal Di Cirebon

Kelenteng Talang Cirebon

Kelenteng Talang Cirebon

Tempat Wisata Budaya Yang Terkenal Di Cirebon – Jika anda mengunjungi Cirebon, maka tidak terlepas dari budaya yang melekat erat di kawasan kabupaten yang berada di wilayah Jawa Barat ini. Sejarah menuliskan bahwa Cirebon merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak sekali peninggalan dari Sunan Gunung Jati. Salah satunya adalah Keraton yang sampai saat ini masih dipertahankan keberadaannya, dan menjadi tempat tinggal Sultan Cirebon. Selain itu, terdapat beragam wisata reliji didalamnya, yang umumnya dikunjungi oleh para wisatawan.

Cirebon memiliki beragam peninggalan sejarah yang merupakan salah satu warisan budaya, dan sampai saat ini dilestarikan dan dijadikan objek wisata, agar nantinya masyarakat bisa mengetahui sejarah serta budaya yang ada di kota udang ini. Sisi nilai historis serta budaya yang kental sangat dominan di berbagai objek wisata budaya yang ada di Cirebon ini. Berikut ini adalah beberapa referensi tempat wisata budaya yang terkenal di Cirebon, yang bisa anda coba kunjungi bersama keluarga untuk berlibur.

Tempat Wisata Budaya Yang Terkenal Di Cirebon

  1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon

Sejarah pendirian dari Masjid yang berada di kawasan sebelah barat alun – alun kampong kesepuhan, kecamatan Lemah Wungkuk ini, didirikan oleh Sunan Gunung Jati pada tahun 1498 M. Masjid ini merupakan masjid kebanggan masyarakat Cirebon, dimana dulunya pembangunannya, langsung dipimpin oleh Sunan Gunung Jati, dengan arsiteknya Raden Sepat. Nama Sang Cipta Rasa ini berarti bentuk aplikasi dari rasa dan juga kepercayaan.

  1. Keprabonan Cirebon

Kawasan ini, dulunya didirikan oleh Pangeran Raja Adipati pada tahun sekitar 1682 M, dengan fungsi pendiriannya sebagai bentuk syiar agama islam, yang dikhususkan untuk keluarga keraton Kanoman, akan tetapi, masyarakat umum pun bisa datang untuk belajar. Hingga saat ini, area Keprabonan Cirebon ini, masih dijaga dengan baik, sebagai salah satu warisan sejarah dan budaya yang ada di Cirebon.

  1. Keraton Kesepuhan

Tidak hanya di Solo dan Jogja, anda bisa menemukan keraton. Namun di wilayah Cirebon pun anda bisa menemukan peninggalan sejarah dan juga destinasi wisata berupa keraton, bernama Keraton Kesepuhan. Untuk luas keselurah dari bangunan keraton ini sekitar 4900 m persegi. Menurut sejarah, ketika Sunan Gunung Jati wafat, digantikan oleh cicitnya bernama Pangeran Emas Zaenal Arifin dan membangun keraton baru yang dinamakan keraton Pakungwati.

  1. Keraton Kacirebonan

Keraton yang dibangun oleh Pangeran Anomini, memiliki latar sejarah yang menarik. Latar  belakang dibangunnya keraton ini adalah ketika Sultan Anom IV wafat, terjadi penggantian jabaran, dan terjadilah kegaduhan, karena Sultan memiliki dua anak kembar. Maka pada tahun sekitar 1807, Gubernur Jendral Deandels, memberikan keputasan bahwa kedua putera mendiang sultan anomini, mendapatkan gelar sultan semuanya. Dimana yang satunya sebagai Pangeran Raja Kanoman, dan yang satunya lagi sebagai Sultan Kacirebonan.

  1. Kelenteng Talang

Tidak hanya umat islam saja yang ada di Cirebon ini, namun etnis Tionghoa pun juga memiliki sejarah dan juga sudah lama menetap di kawasan Cirebon. Salah satu buktinya adalah Kelenteng Talang, yang berada di kawasan Kampung Keprabon, Kelurahan Lemah Wungkuk, Cirebon. Sejarah dari Kelenteng ini sangat menarik. Kata Talang yang merupakan nama kelenteng ini, berarti adalah orang besar. Karena nama kelenteng ini ditujukan kepada 3 laksamana besar utusan dari Kaisar Ming, yang mendarat di Cirebon dan membangun berbagai macam tempat perkumpulan untuk kaum Tionghoa. Maka dinamakanlah Kelenteng ini sebagai Kelenteng Talang, yang hingga saat ini belum pernah mengalami pemugaran.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata budaya yang ada dan terkenal di Cirebon, yang bisa anda coba kunjungi pada saat akan berlibur ke kawasan kota udang ini. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan serta kecintaan anda dan keluarga akan warisan budaya yang ada di Cirebon ini.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Pelayanan CS 24 jam ramah, cepat, aman, langsung proses tanpa basa-basi.
    Mulai Jadwal Pertandingan Hingga Live Score, Hanya Di Bola.com