Home » Budaya » Upacara Adat Di Cirebon

Upacara Adat Di Cirebon

Nadranan Cirebon

Nadranan Cirebon

Upacara Adat Ziarah Di Cirebon –  Cirebon terkenal akan upacara adatnya yang mana merupakan salah satu warisan kekayaan budaya yang hingga kini masih dilaksanakan secara turun temurun. Dan dilaksanakan untuk menghormati kebudayaan yang telah diajarkan oleh para leluhur. Selain itu, upacara adat ini merupakan upacara yang dulunya merupakan akulturasi dari kebudayaan agama sunda wiwitan yang mana saat ini sudah tercampur dengan kebudayaan dari agama islam ini sendiri.

Upacara adat di Cirebon ini merupakan upacara adat yang dilakukan setiap beberapa waktu sekali misalnya saja seperti setahun sekali, yang mana dilakukan untuk memperingati setiap moment tertentu seperti hari besar keagamaan, atau juga bisa memperingati waktu – waktu yang penting, seperti tahun baru Islam, atau Maulid Nabi, dll. Dan berikut ini adalah beberapa contoh upacara adat Cirebon yang bisa anda coba ketahui.

Upacara Adat Ziarah Di Cirebon

  1. Syawalan Gunung Jati

Yang pertama ada Syawalan Gunung Jati yang merupakan salah satu tradisi acara zarah kubur yang dilakukan di makam Sunan Gunung Jati, yang merupakan salah satu tokoh penting dalam perkembangan masyakarat Cirebon. Syawalan Gunung Jati ini, dilakukan pada masa satu minggu setelah Idhul Fitri, yang mana makam Sunan Gunung Jati ini sendiri, pada masa Syawalan Gunung Jati ini Makam Sunan Gunung Jati dipenuhi oleh para peziarah yang datang berkunjung.

  1. Ganti Walit

Ganti walit ini sendiri, merupakan upacara adat yang dilakukan di makam Trusmi Cirebon yang merupakan upacara yang bertujuan mengganti atap dari makam Kramat Trusmi menggunakan atap berupa daun kelapa kering. Upacara adat ini kerap dilakukan pada sekitar tanggal 25 pada bulan Maulid yang dilakukan setiap setahun sekali.

  1. Rajaban

Rajaban ini sendiri merupakan salah satu upacara adat yang juga berupa ziarah makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan yang umumnya dihadiri oleh para kerabat dari keturunan kedua Pangeran tersebut. Selain itu, waktu upacara adat ziarah ini kerap dilaksanakan pada tanggal 27 pada bulan Rajab. Selain itu, upacara Ziarah ini dilakukan di objek wisaha Plangon yang berada sekitar 1Km dari pusat Kota yang ada di Sumber, Cirebon.

  1. Ganti Sirap

Selanjutnya ada Ganti Sirap yang merupakan salah satu upacara adat masayarakat Cirebon yang juga upacara 4 tahunan yang berupa ziarah makam, dan juga mengganti atap dari makam kramat Ki Buyut Trusmi, yang mana upacara adat ini dimeriahkan pula dengan pertunjukan berupa kesenian wayang kulit tradisional Corebon dan juga kesenian Terbang. Dalam bahasa Cirebon asli, Sirap ini sendiri merupakan nama lain dari atap yang memang merupakan salah satu tujuan utama upacara adat ini dilaksanakan.

  1. Salawean trusmi

Selanjutnya ada Salawean Trusmi juga merupakan salah satu upacara adat yang dilakukan dengan cara kegiatan ziarah yang mana dilakukan pada tanggal 25pada setiap bulan Maulud. Selain itu, upacara adat ini, merupakan salah satu upacara ziarah yang didalamnya juga terdapat tahlilan yang kerap dilakukan oleh masyakarat setelah menziarahi makan Ki Buyut Trusmi. Dalam bahasa Cirebon, Salawean ini sendiri berarti adalah dua puluh lima, yang merupakan salah satu tanggal dimana upacar adat ziara ini dilaksanakan.

Itulah beebrapa upacara adat Cirebon yang bisa anda ketahui dan mungkin anda bisa turut melaksanakannya atau melihatnya ketika anda sedang berkunjung ke Cirebon. Semoga semakin memperkaya wawasan kebudayaan yang ada di Cirebon.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *